Pengaruh Latihan Pliometric Terhadap Kemampuan Long Pass

Pengaruh Latihan Pliometric Terhadap Kemampuan Long Pass

  • Afif Aulia Universitas Negeri Padang
  • Hermanzoni -

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan long pass pemain sepakbola SSB Muspan Kota Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrik terhadap kemampuan long pass pemain sepakbola SSB Muspan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperimen). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus s.d September 2019 di Penelitian ini dilaksanakan di lapangan sepakbola TVRI Jln by pass Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet sepakbola SSB Muspan Kota Padang yang berusia 15-19 yang berjumlah 21 orang putra. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan sampling purposive, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 oran pemain. Instrument dalam penelitian ini adalah tes kemampuan tendangan jauh (long pass). Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab terdahulu dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: latihan plyometric memberikan pengaruh yang signifikan (meningkat) terhadap kemampuan long pass pemain SSB  Muspan Kota Padang dengan thitung = 36,59 sedangkan ttabel sebesar 1,76 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n-1 = 14, maka hipotesis awal yang diajukan ditolak dengan thitung < ttabel (36,59 < 1,76).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Aulia, A., & -, H. (2019). Pengaruh Latihan Pliometric Terhadap Kemampuan Long Pass. Jurnal Patriot, 1(2), 460-471. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.484

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.