Hubungan Kelenturan Pergelangan Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Service Dalam Permainan Tenis Meja

Hubungan Kelenturan Pergelangan Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Service Dalam Permainan Tenis Meja

  • Fandi Sutari - Universitas Negeri Padang
  • Sayuti Syahara

Abstract

Masalah penelitian adalah masih terlihat banyak kelemahan yang dilakukan dalam penempatan bola akurasi service sering kali mudah di serang oleh lawan, banyak bola yang terhalang sama net, bola nya keluar lapangan Tenis Meja pada Unit Kegiatan olahraga Tenis Meja Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelenturan pergelangan tangan dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan pukulan akurasi service. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel ini di lakukan dengan mengunakan teknik purposive sampling yaitu yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian ini melalui tes kelenturan pergelangan tangan dengan tes shoulderan wrist elevation, tes lempar tangkap bola tenis untuk koordinasi mata-tangan, dan tes akurasi service dilakukan dengan kemampuan akurasi service.Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi product moment (korelasi sederhana dan korelasi ganda) dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian yaitu, 1) Terdapat hubungan antara kelenturan pergelangan tangan terhadap akurasi service pada atlet Unit Kegiatan Olahraga Tenis Meja Universitas Negeri Padang. 2) Terdapat hubungan antara koordinasi mata-tangan terhadap akurasi service pada atlet Unit Kegiatan Olahraga Tenis Meja Universitas Negeri Padang. 3) Terdapat hubungan secara bersama-sama antara kelenturan pergelangan tangan dan koordinasi mata-tangan terhadap akurasi service pada atlet Unit Kegiatan Olahraga Tenis Meja Universitas Negeri Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
-, F., & Syahara, S. (2019). Hubungan Kelenturan Pergelangan Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Service Dalam Permainan Tenis Meja. Jurnal Patriot, 1(1), 308-319. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.480

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.