Modifikasi Instrumen Hexagonal Drill Test untuk Kelincahan (Studi Uji Validitas dan Reliabilitas)

  • Iil Zefiter FIK UNP
  • Roma Irawan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang dirasa kurang tepat apabila digunakan untuk mengukur tingkat kelincahan seseorang. Dalam pelaksanaanya instrumen ini lebih menekankan pada daya ledak bukan pada unsur kelincahan. Penelitian ini tujuanya adalah untuk menghasilkan instrumen baru yang cocok untuk digunakan dalam mengukur tingkat kelincahan yang dimiliki oleh seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain SSB Pratama Family Kota Sungai Penuh yang berjumlah sebanyak 85 orang pemain. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan hanya mengambil pemain U-17 dan U-20 SSB Pratama Family yang berjumlah 50 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi dan T-test sebagai instrumen pembanding. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan: (1) Instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi memiliki memiliki tingkat validitas “Baik” dengan nilai rhitung 0,722. (2) Instrumen tes kelincahan Hexagonal Drill Test yang telah dimodifikasi memiliki memiliki tingkat reliabilitas “Lemah Sampai Cukup” dengan nilai r11 0,758.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Zefiter, I., & Irawan, R. (2018). Modifikasi Instrumen Hexagonal Drill Test untuk Kelincahan (Studi Uji Validitas dan Reliabilitas). Jurnal Patriot, 306-312. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.48
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.