Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Akurasi Shooting Sepakbola

  • Simeon Cahyono FIK UNP
  • Tjung Hauw Sin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu, daya ledak otot tungkai (X1), koordinasi mata kaki (X2) dan kemampuan akurasi shooting sebagai variabel (Y). Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian adalah pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat yang berjumlah 75 orang pemain. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang pemain yaitu pemain usia 15 dan 17 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes terhadap ketiga variabel tersebut. Data variabel daya ledak otot tungkai diambil dengan standing broad jump test, variabel koordinasi mata kaki diambil dengan soccer wall volley test dan akurasi shooting menggunakan tes akurasi shooting. Untuk hipotesi 1 dan 2 data dianalisis dengan korelasi product moment, sedangkan untuk hipotesis 3 dianalis dengan korelasi ganda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Cahyono, S., & Sin, T. (2018). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Akurasi Shooting Sepakbola. Jurnal Patriot, 299-305. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.47
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.