Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass

Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass

  • Ryan Eko Priyono Universitas Negeri Padang
  • Alex Aldha Yudi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan long pass pemain SMAN 4 Sumbar FA, long pass yang mereka lakukan mudah terpotong oleh tim lawan. Hal ini disebabkan oleh daya ledak otot tungkai yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pegaruh dari latihan plyometric terhadap jauhnya tendangan long pass. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pree Test-Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah pemain SMAN 4 Sumbar FA yang berjumlah 22 orang pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jadi jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 22 orang. Untuk mengukur kemampuan long pass digunakan tes kemampuan long pass. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t atau uji beda mean. Hasil penelitian: terdapat pengaruh latihan plyometric yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan long pass pemain SMAN 4 Sumbar FA, hal ini dapat dibuktikan dengan data t hitung = 5,01> t tabel =1,71, dengan rata-rata 36,50 pada pre test dan 39,36 pada post test.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17
How to Cite
Priyono, R., & Yudi, A. (2019). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass. Jurnal Patriot, 1(2), 554-564. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.448

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.