Perbandingan Pengaruh Latihan Plyometrics Sistem Set dengan Sistem Sirkuit terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai

  • Reza Restu Illahi Universitas Negeri Padang
  • Padli -

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai atlet bolabasket putera SMAN 3 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan pengaruh latihan plyometrics sistem set dengan sistem sirkuit terhadap kemampuan dayaledak otot tungkai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian adalah vertical jump. Jumlah populasi 16 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana jumlah sampel adalah 10 orang. Data yang ada diuji dengan uji-t. Sebelum dilakukan analisis uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data untuk sistem set  diperoleh thitung sebesar 3,43 dan ttabel sebesar 2,02 (thitung = 3,43 > ttabel = 2,02). Artinya latihan sistem set berpengaruh. Analisis data sistem sirkuit  diperoleh thitung sebesar 4,80 dan ttabel sebesar 2.02 (thitung = 4,80 > ttabel = 2,02). Artinya latihan sistem sirkuit berpengaruh. Berdasarkan analisis data diatas dapat dikatakan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara sistem set dengan sistem sirkuit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Illahi, R., & -, P. (2019). Perbandingan Pengaruh Latihan Plyometrics Sistem Set dengan Sistem Sirkuit terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai. Jurnal Patriot, 1(3), 1283-1299. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.438

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.