Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP Dalam Proses Pembelajaran Penjas

  • Randi Saputra FIK UNP
  • Yendrizal -

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Kurang terampilnya mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan dalam kegiatan proses pembelajaran penjas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 dengan 30 item pernyataan. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan persepsi siswa tentang keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 6 Padang diperoleh dari keterampilan membuka pelajaran 59,5%, keterampilan menjelaskan pelajaran 63,1%, keterampilan mengelola kelas 63,6% dan keterampilan menutup pelajaran 51,7%. Jadi persepsi siswa tentang keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan FIK UNP dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 6 Padang dengan tingkat pencapaian sebesar 59,5% termasuk kategori Cukup.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Saputra, R., & -, Y. (2018). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan FIK UNP Dalam Proses Pembelajaran Penjas. Jurnal Patriot, 270-277. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.42
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.