Olahraga Tradisional Buru Babi

  • rominto . universitas negeri padang
  • Eri Barlian

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena belum adanya gambaran dalam olahraga tradisional buru babi berlangsung dan unsur gerak tubuh yang terlibat dalam melakukan olahraga buru babi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan olahraga buru babi berlangsung dan gerak dalam aktivitas buru babi di Kenagarian Gunung Padang Alai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, eksplorasi data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dipaparkan sesuai hasil yang ditemukan dilapangan. Adapun responden dalam penelitian ini adalah ketua Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBI) Kecamatan, Penggiat, muncak-muncak yang aktif dalam kegiatan ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Olahraga Tradisional Buru Babi di Kenagarian Gunung Padang Alai selalu berpindah-pindah setiap minggunya ke jorong-jorong yang ada di kenagarian tersebut. Gerak olahraga penggiat terlihat aktif ketika penggiat melaksanakn perburuan dimulai dari berjalan, berlari, melompat dan melempar ketika mengejar buruan (babi) dan selama aktivitas olahraga berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
., rominto, & Barlian, E. (2019). Olahraga Tradisional Buru Babi. Jurnal Patriot, 1(3), 1026-1036. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.404

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.