Metode Latihan Drill Berpengaruh Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan

  • M Jaqfaruhdin Yusuf Padang State University
  • Hendri Irawadi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan grounstroke mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan  kemampuan groundstroke mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang menggunakan metode latihan drill. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kepelatihan olahraga yang mengambil matakuliah tenis lapangan dasar, sedangkan sampel diambil dengan random sampling dengan jumlah 13 orang. Istrument tes yang digunakan adalah Hewitt Tennis Acheivement Test, yang salah satunya bertujuan untuk mengevaluasi teknik dasar groundstroke. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t.  Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode latihan drill terhadap peningkatan kemampuan Groundstroke Mahasiswa FIK Universitas Negeri padang. Hal ini dibuktikan thitung = 3,41 > ttabel = 1,77.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Yusuf, M., & Irawadi, H. (2019). Metode Latihan Drill Berpengaruh Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan. Jurnal Patriot, 1(2), 831-839. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.388

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.