Hubungan Emosional Dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Passing Atas Bolavoli

  • Imam Prasetia Mulya Lesmana Universitas Negeri Padang
  • Tjung Hauw Sin

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan passing atas bolavoli pada siswa kelas X SMA Adabiah Padang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emosional dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan passing atas bolavoli siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Penelitian ini merupakan jenis korelasional, populasi penelitian ini adalah 93 orang. Dan sampel diambil dengan teknik random sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa. Tes yang digunakan adalah kuisioner skala likert ,tes lempar tangkap bola tenis, dan tes AAHPER face pass wall-volley test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil Penelitian: Terdapat hubungan antara emosional terhadap kemampuan passing atas bolavoli sebesar rhitung (0,453) > rtabel(0,254). Koordinasi mata-tangan memberikan hubungan terhadap kemampuan passing atas bolavoli sebesar rhitung (0,582) > rtabel (0,254). Kemudian, emosional dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama memberikan hubungan terhadap kemampuan passing atas sebesar rhitung (0,577) > rtabel (0,254).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Mulya Lesmana, I., & Sin, T. (2019). Hubungan Emosional Dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Passing Atas Bolavoli. Jurnal Patriot, 1(2), 810-819. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.382

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.