Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Ihsan Maulani Uversitas Negeri Padang
  • Aryadie Adnan

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui: 1) Faktor  internal  apa  yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Pariaman 2) faktor eksternal apa yang menyebabkan kurangnya minat siwa belajar Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) faktor internal yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan keshatan Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Pariaman adalah: (a) faktor aspek jasmaniah yang mencakup kondisi fisik atau kesehatan dari indidvidu siswa tersebut seprti sering kelalahan adanya rasa sakit di bagian kaki, tangan dan kepala siswa  2) Faktor eksternal yang menyebabkan adalah : (a) faktor keterbatasan alat untuk berolahraga (b) lapangan yang kurang mendukung, kotor dan tidak rata (c) suasana dan cuaca yang panas dikarenakan dekat dengan pantai (c) adanya ajakan dari teman selokal maupun dari lokal lain saat berolahraga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Maulani, I., & Adnan, A. (2019). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 1(3), 1077-1086. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.380

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.