Latihan Daya Ledak Otot Tungkai Berpengaruh Terhadap Efektifitas Tendangan Sabit

  • Fafru Rozi Universitas Negeri Padang
  • Sayuti Syahara

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya efektifitas tendangan sabit atlet perguruan pencak silat Patbanbu Patenggangan Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan daya ledak otot tungkai terhadap efektifitas tendangan sabit. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi atlet perguruan pencak silat Patbanbu Patenggangan Padang yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 atlet putra dan 2 atlet putri, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet putra perguruan Patbanbu Patenggangan Padang yang berjumlah 8 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tendangan sabit menggunakan Tes Judge. Analisis data untuk menguji normalitas dengan uji lilliefors. Berdasarkan analisis data statistik, terdapat rata-rata pre-test 20,5 dan rata-rata post-test 25,25. Berdasarkan analisis uji t menghasilkan Thitung sebesar 16,85 dan Ttabel sebesar 1,895 berarti Thitung > Ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh latihan daya ledak otot tungkai terhadap efektifitas tendangan sabit atlet perguruan pencak silat Patbanbu Patenggangan Padang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Rozi, F., & Syahara, S. (2019). Latihan Daya Ledak Otot Tungkai Berpengaruh Terhadap Efektifitas Tendangan Sabit. Jurnal Patriot, 1(3), 1001-1011. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.373

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.