Metode Latihan Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Passing Bawah Pemain Bolavoli

  • doni jaswanto anpolu universitas negeri padang
  • Eri Barlian

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pemberian variasi latihan dalam meningkatkan kemapuan passing bawah bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan bermain terhdap kemampuan passing bawah pemain bolavoli SMA N 1 Painan. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilalukan selam 6 minggu (18 kali pertemuan), dalam 1 minggu latihan dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Repeated volleys test. Teknik analisis data mengunakan rumus Uji t dengan taraf signifikan ɑ = 0,05. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini yang mengunakan Uji t-test. Hasil pengolahan data dalam penelitian ini adalah diperoleh harga thitung (8,84) > ttabel (2.201) dan terdapat peningkatan hasil kemampuan antara tes awal dengan tes akhir. Artinya penerapan metode latihan bermain memberikan pengaruh terhadap kemampuan passing bawah pemain bolavoli SMA N 1 Painan kabupaten pesisir selatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
anpolu, doni, & Barlian, E. (2019). Metode Latihan Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Passing Bawah Pemain Bolavoli. Jurnal Patriot, 1(3), 1147-1159. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.371

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.