Latihan Footwork Berpengaruh Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan

  • Fahada Zulvid Universitas Negeri Padang
  • John Arwandi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pemberian variasi latihan footwork dalam meningkatkan kemampuan groundstroke tenis lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan footwork terhadap kemampuan kemampuan groundstroke Atlet tenis lapangan Payakumbuh. Penelitian ini adalah eksperimental semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik total  sampling berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan selama 5 minggu (18 kali pertemuan), dalam 1 minggu latihan dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang dipakai adalah Hewitt Tennis Aciement Test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalis data dan uji T-Test. Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah nilai thitung 3.22 sedangkan ttabel sebesar 1.76 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 15, maka thitung > ttabel (3.22 > 1.76), terdapat pengaruh latihan footwork terhadap kemampuan groundstroke Atlet tenis lapangan Payakumbuh. Penerapan latihan footwork dalam proses latihan dapat meningkatkan kemampuan groundstroke tenis lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
Zulvid, F., & Arwandi, J. (2019). Latihan Footwork Berpengaruh Terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan. Jurnal Patriot, 1(3), 1344-1354. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.368

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.