Kondisi Fisik Pemain Bolavoli Sekolah Menengah Atas

  • azzannul fitrah universitas negeri padang
  • Yanuar Kiram

Abstract

Abstrak :Peneliti melihat adanya penurunan prestasi yang diperoleh pemain bolavoli SMAN 1 Lintau Buo Utara dan diduga memiliki kondisi fisik yang baik, tetapi belum diketahui secara pasti. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui gambaran kondisi fisik pemain bolavoli SMAN 1 Lintau Buo Utara.Jenis penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pemain bolavoli SMAN 1 Lintau Buo Utara yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 orang putra dan 12 orang putri. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Untuk memperoleh data daya ledak otot tungkai dengan tes vertikal jump, daya ledak otot lengan dengan one hand medicine ball put, kelincahan dengan tes shuttle run 4 x 10 meter, kelentukan dengan tes flexiometer, daya tahan aerobik dites dengan bleep test, dan koordinasi mata-tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis ke dinding. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase.Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Daya ledak otot tungkai pemain bolavoli putra dan putri berada pada klasifikasi sedang, 2) Daya ledak otot lengan pemain bolavoli putra dan putri berada pada klasifikasi sedang, 3) Kelincahan pemain bolavoli putra berada pada klasifikasi baik sekali, sedangkan putri berada pada klasifikasi baik, 4) Kelentukan pemain bolavoli putra dan putri berada pada klasifikasi kurang, 5) Daya tahan aerobik pemain bolavoli putra berada pada klasifikasi cukup, sedangkan putri berada pada klasifikasi sedang, 6) Koordinasi mata-tangan pemain bolavoli putra berada pada klasifikasi kurang, sedangkan putri berada pada klasifikasi kurang sekali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
fitrah, azzannul, & Kiram, Y. (2019). Kondisi Fisik Pemain Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Jurnal Patriot, 1(3), 984-1000. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.367

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.