Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Kaki dan Keseimbangan Berhubungan dengan Kemampuan Shooting Sepakbola

  • ded putra Universitas Negeri Padang
  • M Ridwan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan shooting sepakbola pemain SMK Cendana Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kekuatan otot tungkai, koordinasi mata-kaki dan keseimbangan terhadap kemampuan shooting sepakbola. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 18 orang pemain sepakbola SMK Cendana Kota Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yaitu kekuatan otot tungkai dengan leg dynamometer, koordinasi mata-kaki dengan menendang bola kedinding sasaran, keseimbangan dengan stork stand, kemampuan shooting dengan menendang bola kegawang dengan pemberian petak penilaian. Analisis data dengan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan shooting sepakbola, terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan shooting sepakbola, terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan terhadap kemampuan shooting sepakbola, terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai, koordinasi mata-kaki dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan shooting sepakbola pemain SMK Cendana Kota Padang Panjang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
putra, ded, & Ridwan, M. (2019). Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Kaki dan Keseimbangan Berhubungan dengan Kemampuan Shooting Sepakbola. Jurnal Patriot, 1(2), 749-761. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.366

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.