Tinjauan Motivasi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

  • Rabiatul Hikmah FIK UNP
  • Eri Barlian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya siswa yang malas mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK) .Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya motivasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana motivasi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) siswa SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Pariaman yang berjumlah 286 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling) sebanyak 35 orang, yang terdiri dari 17 putra dan 18 putri.Data primer diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada Responden.Sedangkan data sekunder diperoleh dari Tata Usaha sekolah, seperti hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Pariaman.Untuk analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari analisis data penelitian dapat diketahui bahwa motivasi siswa terhadap mata pelajaran Penjasorkes diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA N 1 Kota Pariaman masih  tergolong Cukup dan perlu ditingkatkan lagi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Hikmah, R., & Barlian, E. (2018). Tinjauan Motivasi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 227-233. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.36
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.