Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting

  • Puput Alfian Jaya FIK UNP
  • Adnan Fardi
  • Sari Mariati Universitas Negeri Padang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan shooting atlet putri  larak’s kota Batusangkar. Variabel dalam penelitian ini latihan plyometrics dan kemampuan shooting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrics terhadap peningkatan kemampuan jump shoot atlet putri club larak’s kota Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk melihat pengaruh latihan plyometrics terhadap peningkatan kemampuan shooting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bolabasket  kota Batusangkar yang berjumlah 30 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu atlet putri larak’ssebanyak 12 orang. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan tes kemampuan  shooting. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa latihan plyometrics memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan kemampuan shooting. Dimana rata-rata pre test kemampuan shooting sebesar 1,58sedangkan post testnya meningkat menjadi 3,83. Kemudian diperoleh uji beda mean (uji t) sebesarthitung 10,37sedangkan ttabel sebesar 2,20 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 12, maka thitung  >ttabel(10,37> 2,20), maka dapat disimpulkan bahwa adanyapengaruh yang signifikan dari bentuk latihan plyometrics terhadap peningkatankemampuan jump shoot pada atlet putri larak’s Kota Batusangkar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Jaya, P., Fardi, A., & Mariati, S. (2018). Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting. Jurnal Patriot, 220-226. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.35
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.