Tinjauan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Hasbi Putra Mulsi FIK UNP
  • Ishak Aziz

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan informasi tentang kemampuan motorik pada siswa SMP Negeri 14 Sijunjung.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang dilakukan pada bulan Januari 2019. Populasi adalah seluruh siswa  kelas VII SMP Negeri 14 Sijunjung yang berjumlah 65 orang. Sampel ditarik dari populasi dengan teknik Purposive Sampling. Maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Instrument dalam penelitian ini  adalah: Standing Broad Jump, Sofball Throw, Zig – zag Run, Wall Pass, Medicine Ball put dan lari 60 Yard dash. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan T – Score dan Skala 5A. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan  motorik siswa SMP Negeri 14 Sijunjung secara keseluruhan diperoleh yaitu kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 7 siswa (35%), kategori cukup sebanyak 9 siswa (45%), kategori kurang sebanyak 2 siswa (10%), dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa (10%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik siswa di SMP Negeri 14 Sijunjung adalah mayoritas pada kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Mulsi, H., & Aziz, I. (2018). Tinjauan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 167-172. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.