Karakter dan Motivasi Terhadap Prestasi Atlet Usia Muda PASI

  • Firunika Intan Cahyani FIK UNP
  • Eddy Marheni

Abstract

Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2018 hingga 7 Februari 2019 yang bertempat di PASI kota Padang dan SMP 34 Padang. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 10 orang atlet yang berusia 10-16 tahun, 2 orangtua, 3 pelatih, 3 atlit senior, 2 masyarakat dan sekretaris umum PASI kota Padang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, FGD dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu, pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil temuan peneliti menunjukkan masih rendahnya nilai karakter disiplin, jujur, kerja keras, tanggungjawab dan bersahabat atau komunikatif terhadap motivasi berprestasi atlet usia muda PASI kota Padang. Sifat disiplin, kerja keras dalam latihan dan penilaian negatif terhadap lawan kompetisi merupakan faktor yang mendasari rendahnya penerapan karakter dan motivasi berprestasi yang berdampak terhadap kurang matang mental atlet dalam berkompetisi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Cahyani, F., & Marheni, E. (2018). Karakter dan Motivasi Terhadap Prestasi Atlet Usia Muda PASI. Jurnal Patriot, 152-159. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.