Circuit Training Method Influences the Service Ability of Volleyball

Circuit Training Method Influences the Service Ability of Volleyball

  • widya wati Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Ridwan Padang State University
Keywords: Circuit Training Method, Volleyball Service

Abstract

Abstrak : Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya kemampuan servis atas atlet bolavoli SMA Negeri 2 Padang Panjang. Variable bebas dalam penelitian ini adalah latihan sirkuit, dan variable terikat dalam penelitian ini adalah servis atas bolavoli. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh Metode Latihan Sirkuit terhadap kekampuan servis atas Bolavoli SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Atlet Bolavoli SMAN 2 Padang panjang, yang mengikuti latihan yang berjumlah 29 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang atlet. Instrument penelitian ini adalah kemampuan servis atas bolavoli. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan sirkuit terhadap kemampuan servis atas atlet bolavoli SMA Negeri 2 Padang Panjang, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,82 sedangkan ttabel sebesar 1,73 dengan taraf signifikan α = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
wati, widya, & Ridwan, M. (2019). Circuit Training Method Influences the Service Ability of Volleyball. Jurnal Patriot, 1(3), 1114-1123. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i3.236

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.