Analisis Kondisi Fisik Atlet Bolabasket Padang

  • Dwi Harryandi Herdadi FIK UNP
  • Umar -

Abstract

Masalah penelitian ini diantaranya adalah penurunan performa atlet yang begitu cepat dalam setiap pertandingan, hal ini menyebabkan kualitas permainan atlet menjadi turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik atlet yang meliputi; dayatahan aerobik, daya ledak otot lengan, kecepatan, kelincahan, daya ledak otot tungkai, dan koordinasi mata tangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah seluruh populasi dengan teknik penarikan sampel total sampling. Untuk mengukur dayatahan aerobik digunakan bleep test, untuk mengukur daya ledak otot lengan digunakan two hand medicine ball push, untuk mengukur kecepatan digunakan lari cepat 30 meter, untuk mengukur kelincahan digunakan Illionis Agility Run test, daya ledak otot tungkai dengan vertical power jump test, dan koordinasi mata tangan dengan ballwerfen und fungen test. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian: (1) Tingkat kemampuan dayatahan aerobik atlet putra bolabasket adalah cukup. Tingkat kemampuan dayatahan aerobik atlet putri adalah sedang (2) Tingkat kemampuan daya ledak otot lengan atlet putra bolabasket adalah kurang sekali. Tingkat kemampuan daya ledak otot lengan atlet putri adalah kurang sekali. (3) Tingkat kemampuan kecepatan atlet putra adalah sedang Tingkat kemampuan kecepatan atlet putri adalah kurang sekali. (4) Tingkat kemampuan kelincahan atlet putra bolabasket Madrasah adalah sedang. Tingkat kemampuan kelincahan atlet putri adalah sedang. (5) Tingkat kemampuan daya ledak otot tungkai atlet putra bolabasket adalah sedang. Tingkat kemampuan daya ledak otot tungkai atlet putri adalah sedang. (6) Tingkat kemampuan koordinasi mata tangan atlet putra bolabasket sedang. Tingkat kemampuan koordinasi mata tangan atlet putri adalah sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
Herdadi, D., & -, U. (2018). Analisis Kondisi Fisik Atlet Bolabasket Padang. Jurnal Patriot, 137-144. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.23
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.