HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL LOMPAT JAUH

  • maivandiki agustim Universitas negeri padang
  • Afrizal S

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang jauhnya lompatan siswa putri saat melakukan lompat jauh. Penelitian ini mempunyai 3 variabel kelentukan,daya ledak otot tungkai dan hasil lompat jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kelentukan dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh siswa putri SMK Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa putri SMK  Negeri 3 Payakumbuh berjumlah sebanyak 820 orang. Sampel penelitian adalah siswa putri  kelas X busana sebanyak 36 orang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Intrummen yang di gunakan untuk mengukur kelentukan digunakan felxiometer test. Intrummen yang di gunakan untuk mengukur daya ledak otot tungkai digunakan tes standing broad jump. Untuk mengukur kemampuan lompat jauh digunakan tes kemampuan lompat jauh. Teknik analisa data menggunakan analisis korelasi produc moment dengan α=0,05. Hasil penelitian: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan terhadap kemampuan lompat jauh Siswa SMK Negeri 3 Payakumbuh, dengan perolehan (rh = 0,869 > rt = 0,329). (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh Siswa putri SMK Negeri 3 Payakumbuh, dengan perolehan (rh = 0,801 > rt = 0,329) (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan dan daya ledak otot tungkai secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh Siswa SMK Negeri 3 Payakumbuh dengan perolehan (rh = 0,761 > rt = 0,329).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
agustim, maivandiki, & S, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL LOMPAT JAUH. Jurnal Patriot, 1(1), 286-292. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.188

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.