HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING TIM BASKET SMP NEGERI 1 LUBUK ALUNG

  • muhammad ri dho universitas negeri padang
  • Afrizal S

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi tim basket SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (koordinasi mata tangan) dan satu variabel terikat (kemampuan shooting). Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan shooting tim basket SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain tim basket SMP Negeri 1 Lubuk Alung yang berjumlah 16 orang. Dengan menggunakan teknik total sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang anggota tim basket SMP Negeri 1 Lubuk Alung.  Instrumen yang digunakan yaitu Wall Bounce Test digunakan untuk mengukur Koordinasi Mata Tangan, kemampuan Shooting di ukur dengan pelaksanaan Shooting. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistic analisis korelasi product moment dari Pearson guna melihat hubungan koordinasi mata tangan dengan kemampuan shooting. Uji ini bertujuan melihat, apakah variabel bebas mempunyai hubungan terhadap variabel terikat. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan teknik analisis korelasional dengan taraf signifikan α 0,05 data diolah secara manual dengan bantuan program Excel. Hasil penelititan didapatkan rhitung (0.910), uji keberartian koefisien korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh nilai thitung (8.191). Pada taraf signifikan α (0.05) dan db = n-1, diperoleh nilai ttab (2.131) dengan demikian thitung (8.191) > ttab (2.131), artinya h0 ditolak dan ha diterima, sehingga dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan shooting tim basket SMP Negeri 1 Lubuk Alung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
dho, muhammad, & S, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING TIM BASKET SMP NEGERI 1 LUBUK ALUNG. Jurnal Patriot, 1(1), 279-285. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.187

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.