PENERAPAN NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ATLET DOJO HOME BUSHIDO KOTA PADANG

  • Zul Ilham Tijo Universitas Negeri Padang
  • Eddy Marheni

Abstract

Penelitian ini bertujuan Penerapan nilai-nilai sumpah karate untuk membentuk karakter atlet dojo home bushido kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tanggung jawab anak yang mengikuti latihan karate sangatlah berbeda dengan yang tidak mengikuti latihan karate. Yang mengikuti latihan karate mendapatkan nilai tanggung jawab lebih tidak hanya disekolah juga ditempat latihan. 2) Nilai kejujuran ada pada atlet yang mengikuti latihan karate terbukti dengan kejujuran anak disekolah mengakui kesalahan, ditempat latihan sikap jujur anak juga terlihat dibuktikan dengan mengakui kesalahan jika anak salah memilih jujur dari pada berbohong walaupun mendapatkan hukuman dari pelatih. 3) Nilai disiplin anak juga tebentuk melalui latihan karate anak yang mengikuti latihan karate cukup sopan dan baik. Anak pulang tepat waktu setelah latihan tidak keluyuran setelah latihan dan juga tidak melakukan kericuhan dilingkungan tempat latihan. dan mengerjakan pekerjaan rumah tanpa di peintah oleh orang tua. 4) Nilai toleransi pada anak berhasil diterapkan melalui latihan karate di Dojo Home Bushido, dibuktikan ketika dikomplek anak-anak yang mengikuti latihan berangkat menuju Dojo dengan ramah menyapa warga setempat, tidak melakukan kericuhan sekitar komplek pada intinya anak-anak ikut menjaga keamanan komplek. 5) Nilai mandiri juga berhasil diterapkan melalui latihan karate terbukti dengan sikap mandiri pada anak yang mengikuti latihan karate, dirumah anak mengerjakan   pekerjaan rumah sendiri jika tidak bisa anak baru meminta bantuan kepada kakaknya atau orang tuanya. Ditempat latihan anak pun menunjukkan sikap mandiri dengan datang ke Dojo sendiri tanpa menyusahkan orang tua dan membersihkan Dojo sebelum memulai latihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
Tijo, Z., & Marheni, E. (2019). PENERAPAN NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ATLET DOJO HOME BUSHIDO KOTA PADANG. Jurnal Patriot, 1(1), 271-278. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.186

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.