TINJAUAN KETERAMPILAN DASAR ATLET SEPAK TAKRAW CLUB GURUN LAWEH PADANG

  • rangga geni setiawan universitas negeri padang
  • Eri Barlian

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat keterampilan teknik dasar sepaktakraw atlet club Gurun Laweh Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran teknik dasar sepaktakraw atlet club Gurun Laweh Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh teknik dasar sepaktakraw atlet club Gurun Laweh Padang, berjumlah sebanyak 21 orang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang. Data dikumpulkan dengan melakukan pengukuran Tes kemampuan teknik yang berkenaan dengan: mengontrol dan menimang bola selama 1 menit baik sepak sila, sepak kura, memaha maupun mengepala. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan metode persentase. Hasil penelitian berdasarkan deskripsi data dan analisis data adalah (a) Rata-rata kemampuan sepak sila atlet 49.81 dengan kategori Sedang. Interpretasi kemampuan sepak sila adalah 61,25% dengan kategori Baik. (b) Rata-rata kemampuan sepak kura 58,87 dengan kategori Sedang. Interpretasi kemampuan sepak kura adalah 58,75% dengan kategori Cukup, (c) Rata-rata kemampuan memaha 26,37 dengan kategori Sedang. Interpretasi kemampuan memaha atlet adalah 61,25% dengan kategori Baik. (d) Rata-rata kemampuan mengepala atlet 524,43 dengan kategori Sedang. Interpretasi kemampuan mengepala atlet adalah 58,75% dengan kategori Cukup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
setiawan, rangga, & Barlian, E. (2019). TINJAUAN KETERAMPILAN DASAR ATLET SEPAK TAKRAW CLUB GURUN LAWEH PADANG. Jurnal Patriot, 1(1), 257-264. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.184

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.