STUDI KELAYAKAN OLAHRAGA ARUNG JERAM DI SUNGAI BATANG SANGIR KABUPATEN SOLOK-SELATAN

  • sat ria univeritas negri padang
  • Aryadie Adnan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan olahraga Arung Jeram di Sungai Batang Sangir Kabupaten Solok Selatan dan mengetahui karakteristik Sungai Batang Sangir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lokasi yang direncanakan untuk arung jeram Sungai Batang Sangir Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini di lakukan pada bulan Januari 2019. Sumber data berasal dari interview dan observasi lapangan. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Sungai Batang. Sangir Solok Selatan memiliki panjang lintasan arung jeram sepanjang 20 Kilometer dan memiliki grade I, II, dan III bahkan pada saat curah hujan tinggi mencapai grade IV. 2) Kondisi Sungai Batang Sangir pada post 1, 2, 3, dan 4 dikatakan layak untuk aktivitas Arung Jeram. Kedalaman sungai rata-rata 1 sampai dengan 1,5 Meter. Selanjutnya memiliki kemiringan 7,6 % dengan jumlah debit air pada Sungai Batang Sangir sebesar 139,60 m3/ detik. 3) Sumber daya manusia dan akses jalan menuju lokasi Arung Jeram terbilang cukup baik dikarenakan adanya perbaikan jalan menuju lokasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-16
How to Cite
ria, sat, & Adnan, A. (2019). STUDI KELAYAKAN OLAHRAGA ARUNG JERAM DI SUNGAI BATANG SANGIR KABUPATEN SOLOK-SELATAN. Jurnal Patriot, 1(1), 220-226. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.179

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.