Persepsi Masyarakat Kota Padang Terhadap Olahraga Renang di Kota Padang

  • Nanda Syahputra Universitas Negeri Padang
  • John Arwandi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi masyarakat Kota Padang terhadap olahraga renang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat Kota Padang terhadap olahraga renang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yaitu; remaja, orang tua, lansia, pedagang, pengelola kolam renang, dan pengurus Dispora Kota Padang. Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder. Data primer didapat dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen pendukung pengumpulan informasi. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Persepsi remaja yaitu, renang bermanfaat untuk rekreasi serta untuk kesehatan diantaranya untuk menambah tinggi badan dan kebugaran tubuh. (2) Persepsi orang tua yaitu, memilih renang karena anak-anak menyukai aktifitas air dan dampak renang bagi kesehatan anak baik untuk kebugaran dan pergerakan otot tubuh. (3) Persepsi lansia yaitu, berenang untuk terapi syaraf terjepit dan perbaikan tulang belakang, selain itu ke kolam juga untuk silaturahmi. (4) Persepsi pedagang yaitu, dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung ke kolam, maka bisa meningkatkan pendapatan penjualan dagangan. (5) Persepsi pengelola kolam renang yaitu, masyarakat berkunjung ke kolam renang meningkat tiap tahunnya. (6) Persepsi pengurus Dispora Kota Padang yaitu, meningkatnya minat masyarakat yang berenang, maka meningkat pula prestasi olahraga renang. Hal ini dilakukan atas kerjasama Dispora, guru olahraga, dan Dinas Pendidikan dengan merangkul siswa-siswa untuk dibina guna pencapian prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-12
How to Cite
Syahputra, N., & Arwandi, J. (2019). Persepsi Masyarakat Kota Padang Terhadap Olahraga Renang di Kota Padang. Jurnal Patriot, 1(1), 164-170. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.171

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.