Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Kuciang Putiah Harimau Campo

  • haningtyas nur octavia Universitas Negeri Padang
  • Romi Mardela

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kelincahan yang dimiliki oleh atlet pencak silat Kuciang Putiah Harimau Campo, ini terlihat disaat pertandingan karena mudahnya serangan ditangkap dan terbaca oleh lawan. terutama pada saat tendangan sabit. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh latihan kelincahan terhadap kemampuan tendangan sabit atlet. Penelitian ini bersifat eksperimen semu, dengan memberikan perlakuan latihan kelincahan untuk meningkatkan kemampuan tendangan sabit atlet, dengan populasi  berjumlah 25 orang atlet, terdiri dari 16 orang putra dan 9 orang putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel yang diambil hanya atlet putra sebanyak 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Tendangan Sabit.selanjutnya data analisis menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan  3,18 >  2,13, yang artinya terdapat pengaruh antara latihan kelincahan terhadap kemampuan tendangan sabit atlet pencak silat Kuciang Putiah Harimau Campo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-09
How to Cite
octavia, haningtyas, & Mardela, R. (2019). Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Kuciang Putiah Harimau Campo. Jurnal Patriot, 1(1), 145-150. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.168

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.