Perbandingan Tes Vertical Jump Dan Standing Broad Jump Terhadap Jarak Luncuran Pada Start Renang Gaya Bebas

  • gunawan siregar universitas negeri padang
  • Sayuti Syahara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perbandingan tes vertical jump dan standing board jump terhadap jarak luncuran pada start renang gaya bebas pada mahasiswa jurusan kepelatihan FIK UNP tahun ajaran 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto artinya penelitian yang bersifat membandingkan atau perbedaan. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa kepelatihan olahraga UNP yang sedang mengikuti perkuliahan renang dasar pada semester Januari-Juni 2019 yang berjumlah 26 orang. Dengan teknik penarikan sampel adalah  total  sampling yaitu 26 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes vertical jump, tes standing board jump  dan tes luncuran pada start renang gaya bebas kemudian dianalisis dengan stastik teknik uji t secara manual. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, 1) Terdapat pengaruht esvertical jump terhadap jarak luncuran start pada renang gaya bebas pada mahasiswa jurusan kepelatihan FIK UNP tahun ajaran 2019 (thitung= 28,69>ttabel=1,71). 2) Terdapat pengaruh tesstanding board jump terhadap jarak luncuran start pada renang gaya bebas pada mahasiswa jurusan kepelatihan FIK UNP tahun ajaran 2019 (thitung= 22,38>ttabel=1,71). 3) Terdapat perbedaan pengaruh jarak luncuran start pada renang gaya bebas antara tes vertical jump dan standing board jump pada mahasiswa jurusan kepelatihan FIK UNP tahun ajaran 2019 (thitung= 4,02>ttabel=1,71).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-09
How to Cite
siregar, gunawan, & Syahara, S. (2019). Perbandingan Tes Vertical Jump Dan Standing Broad Jump Terhadap Jarak Luncuran Pada Start Renang Gaya Bebas. Jurnal Patriot, 1(1), 139-144. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.167

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.