Korelasi Kelentukan Badan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Klub Padang Adios

  • Septo Zainal Ambia Universitas Negeri Padang
  • M Ridwan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan untuk smash atlet bola voli Adios Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ukuran tubuh dan daya ledak otot-otot kaki untuk kemampuan menghancurkan atlet bola voli Adios Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, atlet bola voli di klub Adios Padang yang dijadikan sampel, yaitu 15 atlet pria dan 15 atlet wanita. Instrumen penelitian dilakukan dengan mengukur kelenturan tubuh dengan tes Trunk Extention dan daya ledak otot kaki melalui Vertical Jump Test. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan teknik analisis korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian berikut diperoleh memberikan korelasi tubuh fleksibilitas dengan kemampuan menghancurkan atlet klub Adios Padang 0,708 pada atlet pria dan 0,615 pada atlet wanita. Daya ledak otot-otot kaki memberikan korelasi dengan kemampuan menghancurkan atlet voli Padang Adios klub 0,601 pada atlet pria dan 0,516 pada atlet wanita. Fleksibilitas tubuh dan daya ledak otot kaki memberikan korelasi bersama terhadap kemampuan smash pemain voli klub Padang Adios menjadi 0,789 pada atlet putra dan 0,654 pada atlet wanita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-24
How to Cite
Ambia, S., & Ridwan, M. (2019). Korelasi Kelentukan Badan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Klub Padang Adios. Jurnal Patriot, 1(1), 52-57. https://doi.org/10.24036/patriot.v1i1.154

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.