Tinjauan Keterampilan Teknik Sepakbola bagi Anak Usia Remaja pada Klub Sepakbola Garuda FC Kabupaten Pasaman

  • Gerry Zain Astsauri NST FIK UNP
  • Aryadie Adnan

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap fenomena yang terjadi di Klub Sepakbola Garuda FC di Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, bahwa menurunnya prestasi pemain Sepakbola Garuda FC di Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman disebabkan para pemain sulit untuk menguasai keterampilan teknik sepakbola seperti shooting, dribling, passing dan long passing dan lemahnya penguasaan bola sehingga memudahkan lawan untuk merebut bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Keterampilan Teknik Sepakbola Pada Pemain Klub Sepakbola Garuda FC di Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman yang berkenaan dengan shooting, dribling, passing dan long passing. Populasi penelitian ini pemain yang aktif mengikuti latihan di Klub Sepakbola Garuda FC di Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman berjumlah 54 orang, dimana teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel adalah kelompok usia 14 sampai 18 tahun yang berjumlah 27 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif (tabulasi frekuensi), Pengambilan data dilakukan dengan cara mengukur masing-masing keterampilan teknik sepakbola. Rata-rata nilai tingkat keterampilan teknik sepakbola pemain Klub Sepakbola Garuda FC yang dilihat dari segi : (1) Teknik menendang bola (Shooting) diperoleh rata-rata nilai 7,8 yang kategori nilainya sangat kurang, (2) Teknik menggiring bola (dribbling) diperoleh rata-rata nilai 14,94 yang kategori nilainya sedang, (3) Teknik passing diperoleh rata-rata nilai 14,37 yang kategori nilainya baik, (4) Teknik long passing diperoleh rata-rata nilai 26,62 yang kategori nilainya sedang, kemudian ditentukan rata-rata nilai keterampilan teknik sepakbola klub Garuda FC melalui penjumlahan data hasil tes yang terdapat nilain inversi kemudian dikonversi kedalam nilai T-Score diperoleh rata-rata nilai 50,011 yang kategori nilainya sedang”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-20
How to Cite
NST, G., & Adnan, A. (2018). Tinjauan Keterampilan Teknik Sepakbola bagi Anak Usia Remaja pada Klub Sepakbola Garuda FC Kabupaten Pasaman. Jurnal Patriot, 56-62. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.12
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.