Evaluasi pembinaan olahraga Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kabupaten Jembrana berdasarkan Contex, Input, Process, dan Product (CIPP)

  • Abu Khairi Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasaraja, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Suratmin Suratmin Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasaraja, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Made Agus Wijaya Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasaraja, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
Keywords: Evaluasi, Pembinaan Olahraga, CIPP

Abstract

Masalah: Parameter pembinaan olahraga Madrasah Ibtidaiyah (MI) kabupaten Jembrana, sangat mendasar dan penting untuk dilakukan evaluasi. Evaluasi pembinaan olahraga madrasah ibtidaiyah kabupaten Jembrana, selesainya penyelenggaraan kejuaraan hanya dilaporkan hasil  prestasi dan laporan keuangan, tanpa dianalisis serta dievaluasi secara kajian ilmiah. Pekan Olahraga Madrasah Ibtidaiyah (Pormi) kabupaten Jembrana sebagai parameter prestasi dan ujung tombak serta penopang prestasi pekan olahraga pondok pesantren daerah (Pospeda) provinsi Bali dan pekan olahraga pondok pesantren nasional (Pospenas). Evaluasi pembinaan olahraga MI kabupaten Jembrana atletik, bulutangkis, dan tenis meja sangat penting dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan dengan kajian ilmiah.

Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pembinaan olahraga MI Jembrana dengan contex, input, process, product (CIPP).

Metode: Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mendapatkan deskriptif pembinaan olahraga MI kabupaten Jembrana nomor atletik, bulutangkis, dan tenis meja. Sampel penelitian adalah guru olahraga (pelatih) madrasah ibtidaiyah di kabupaten Jembrana berjumlah 23 orang. Data diperoleh dengan  wawancara, kuesioner, arsip, dan dokumentasi atletik, bulutangkis, dan tenis meja. Analisis data yang digunakan dengan teknik product moment dan triangulasi data.

Hasil: Hasil penelitian adalah (1) evaluasi konteks: (a) menyusun panduan penyelenggaraan pembinaan olahraga MI Jembrana, (b) meningkatkan prestasi olahraga dan akademik MI kabupaten Jembrana secara seimbang, (c) mencetak atlet MI daerah khususnya atletik, bulutangkis, tenis meja, dan (d)  kerjasama dengan instansi terkait. (2) evaluasi input: (a) membentuk sistem seleksi atlet MI kabupaten Jembrana, dan (b) implemenatasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler, dan (c) kualifikasi pelatih yang memadai dan handal, (3) evaluasi proses: (a) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan olahraga yang dilaksanakan secara bersama-sama, dan (b) meningkatkan try in, try out dan menyarankan atlet mengikuti ekstrakurikuler dan klub atletik, bulutangkis, tenis meja, dan (4)  evaluasi produk: (a) meningkatkan target prestasi daerah Jembrana dan provinsi Bali, dan  (b) terbentuk sistem pembinaan olahraga MI kabupaten Jembrana dengan pendekatan ilmiah dan penerapan iptek olahraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, I. (2012). Kebijakan Pemerintah Tentang Pembinaan Olahraga Nasional Pada Fase Pembibitan. Sportif, 6(1), 12–23.
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189-206.
Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2).
Bompa Tudor O and Haff Gregory G. Periodization: Theory and Methodology of Training. United States: Human Kinetics, 2009.
Budiyono. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press, 2013.
Dan, P., Pelajar, L., & Provinsi, P. (2015). Manajemen Pembinaan Cabang Olahraga Atletik Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3938
Darmayasa, I. P., Gozali, W., & Sudiana, I. K. (2022, December). A Study of Evaluation Model of Coaching and Mapping Program of Sports Clubs of Indonesian Athletics Union (Pasi) Karangasem Bali. In International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ICoPESH 2022) (pp. 14-21). Atlantis Press.
Diatmika, I. P. W., Yoda, I. K., & Tisna, G. D. (2020). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bulutangkis di persatuan bulutangkis (PB) Anugerah Denpasar dengan metode contex, input, procces, product (CIPP). Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 21-26.
Finney, T. L. (2019). Confirmative evaluation: new CIPP evaluation model. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 18.
Hambali, S., Sundara, C., & Meirizal, Y. (2020). Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Pplp Jawa Barat. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19 (1), 74–82. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8217
Harahap, Z. A. (2023). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Atletik Pada SMAN Olahraga Provinsi Riau Berbasis CIPP (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Keolahragaan).
Hasyim. Saharullah. (2021). Evaluasi Program Pembinaan Olahraga (R. Mirsanty (ed.); Issue 1). PT Raja Grafindo Persada.
Irianto Djoko Pekik., et.al, Materi Pelatihan Kondisi Fisik Dasar. Jakarta: Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Kemenpora, 2009.
Islahuzzaman, N. (2010). Identifikasi Bakat Usia Dini Siswa SD - SMP Surakarta. Paedagogia, 13(1), 61-69 universitas sebelas maret, surakarta.
Jamalong, A. (2014). Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Secara Dini Melalui Pusat Pembinaan Dan Latihan Pelajar (PPLP) Dan Pusat Pembinaan Dan Latihan Mahasiswa (PPLM). Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 156–168.
Made Agus Dharmadi, I Nyoman Kanca, N. L. P. T. A. (2015). Keselamatan dalam Olahraga. 4(2), 623–636.
Maghfiroh, M., Swadesi, I. K. I., & Sudarmada, I. N. (2023). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Taekwondo dengan Metode Contex, Input, Process, Product. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 284–291. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52846
Rohman, U. (2017). Evaluasi Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini Di Sekolah Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 92. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8186
Saputro, N. A., Pendidikan, J., Kesehatan, J., & Keolahragaan, F. I. (2014). Minat Dan Motivasi Kegemaran Olahraga Terhadap Hasil Tes Pemanduan Bakat Sport Search. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(10), 1317–1321. https://doi.org/10.15294/active.v3i10.3647
Silviariza, W. Y., Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2023). Development of Evaluation Instruments to Measure the Quality of Spatial Problem Based Learning (SPBL): CIPP Framework. International Journal of Instruction, 16(2).
Spyanawati, N. L. P. Evaluasi Pembinaan Prestasi Pencak Silat Ipsi Bali Dengan Metode CIPP (Contex, Input, Procces, Product). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(2), 40-51.
Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1994.
Suratmin, S., I Putu Panca Adi, I Putu Darmayasa, Wasti Danardani, Ratna Kumala, Hanik Liskustyowati, & Muhammad Fakhrur Rozi. (2022). Evaluation of Multilateral Based Elementary School Students’ Athletic Sports Development Program. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(4), 647–659. https://doi.org/10.33369/jk.v6i4.24560
Widodo, H. (2021). Evaluasi pendidikan. In Jakarta: Rineka Cipta.
Yunus, M., Soegiyanto, K. S., & Setiono, H. (2017). Evaluation Of The Center Of Sports Education And Training For Students (CSETS) Programs In South Sulawesi, West Sumatera, And Central Java. The Journal of Educational Development, 5(2), 145-152.
Published
2023-12-12
How to Cite
Khairi, A., Suratmin, S., & Wijaya, M. (2023). Evaluasi pembinaan olahraga Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kabupaten Jembrana berdasarkan Contex, Input, Process, dan Product (CIPP). Jurnal Patriot, 5(4), 197-206. https://doi.org/10.24036/patriot.v5i4.1023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.